Selasa, 22 Februari 2011

TATA SURYA

Bagaimana Sistem Tata Surya Terbentuk?
Headline
Foto: Istimewa
Oleh: Billy A. Banggawan
Teknologi - Kamis, 17 Februari 2011 | 09:00 WIB
INILAH.COM, Jakarta – Ilmuwan tak yakin bagaimana tata surya terbentuk. Namun ada satu hal yang mereka sepakati, yakni tata surya terbentuk 4,6 miliar tahun silam.
Bagaimana matahari terbentuk
Awalnya, gas terkumpul dalam pusat yang padat dari sebuah putaran disk dan menciptakan protosun. Tabrakan antara molekul pun memanas dan akhirnya suhu meningkat sekitar 10 juta derajat celsius.
Menurut ulasan 'From Suns to Life' dari seorang astronom, suhu ini benar-benar panas dan tabrakan ganas memicu reaksi nuklir yang mengubah protosun menjadi sebuah bintang. Proses ini membutuhkan 100 ribu tahun.
Bagaimana planet terbentuk
Sementara itu, dalam materi disk sekitar matahari muda ada sebuah proses yang disebut 'akresi' membentuk planet, bulan, komet dan asteroid. Partikel kecil saling bertabrakan dan membentuk badan yang lebih besar dan akhirnya mencapai ukuran planet.
Partikel-partikel ini akhirnya menjadi cukup masif dan mampu menciptakan gravitasinya sendiri. Kemudian badan-badan ini menarik lebih banyak tabrakan. Menurut Lunar and Planetary Institute, badan yang terbesar saja yang akhirnya bisa selamat.
Di daerah dekat matahari, air cenderung menguap, gas tersapu keluar dan material seperti silikon dan logam pun berkondensasi memadat. Planet muda di tata surya, seperti Bumi, terbentuk dari materi batuan padat ini.
Lebih jauh lagi, suhu lebih dingin dan es berlimpah memungkinkan badan lebih besar terbentuk dan menciptakan inti planet seperti Jupiter dan Saturnus. Menurut 'The Solar System', gravitasi inti ini cukup besar untuk menarik gas dari nebula sekitar dan gas raksasa di tata surya terluar.
Obyek lain tata surya
Di luar Neptunus, tak cukup ada bahan bagi planet untuk menumbuhkan raksasa gas. Potongan ini mengerdil dan membentuk sabuk Kuiper. Model nebular ini menjelaskan mengapa semua planet mengorbit rotasi Matahari.
Teleskop berhasil mengambil gambar saat awal pembentukan tata surya lain di seluruh alam semesta yang menunjukkan apa yang kita yakini secara langsung sebagai matahari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar